Jumat, 31 Mei 2019

Praktikum II Instalasi Dan Pemakaian CISCO Packet Tracer

Di Susun oleh Kelompok T
Ibnu Bilal Marta Prawira    : 064001800011
Rifaldo Yandi                     : 064001800019
Rindean                             : 064001400000
Farhan Fadhlurrahman      :064001600009


TEKNIK INFORMATIKA
FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI
UNIVERSITAS TRISAKTI
2019

MODUL 2
Instalasi Dan Pemakaian CISCO Packet Tracer
1.      Teori Singkat
Packet Tracer adalah simulator alat-alat jaringan Cisco yang sering digunakan sebagai media pembelajaran dan pelatihan, dan juga dalam bidang penelitian simulasi jaringan komputer. Program ini dibuat oleh Cisco Systems dan disediakan gratis untuk fakultas, siswa dan alumni yang telah berpartisipasi di Cisco Networking Academy. Tujuan utama Packet Tracer adalah untuk menyediakan alat bagi siswa dan pengajar agar dapat memahami prinsip jaringan komputer dan juga membangun skill di bidang alat-alat jaringan Cisco.
Packet Tracer terbaru yaitu versi 6.2. Dalam versi ini dapat mensimulasikan Application Layer protocols, Routing dasar RIP, OSPF, dan EIGRP, sampai tingkat yang dibutuhkan pada kurikulum CCNA yang berlaku, sehingga bila dilihat sekilas software ini bertujuan untuk kelas CCNA.

Taget Packet Tracer yaitu menyediakan simulasi jaringan yang real, namun terdapat beberapa batasan berupa penghilangan beberapa perintah yang digunakan pada alat aslinya yaitu pengurangan command pada Cisco IOS. Dan juga Packet Tracer tidak bisa digunakan untuk memodelkan jaringan produktif/aktif. Dengan keluarnya versi 6, beberapa fitur ditambahkan, termasuk fitur BGP. BGP memang bukan termasuk kurikulum CCNA, akan tetapi termasuk kurikulum CCNP.

2.      Tools  
Hardware : Laptop/pc

Sofware    : Blogspot
3.      Elemen Kompetensi
Latihan 1. Pengistalan Cisco Paket Tracer
1.      Download Aplikasi Cisco Packet Tracer, 
2.Lalu softwarenya terlebih dahulu, akan muncul jendela seperti ini.

3.Klik Run

1.    
4. Klik Next





5. Pilih I accept the agreement lalu Next


6. Pilih lokasi tempat penginstalan dilakukan lalu Next


7.      Klik Next lagi untuk melanjutkan penginstalan


8.  Centang Create a desktop icon lalu Next


9. Lalu Install lalu Setelah terinstall klik Finish 

10. Stelah diinstall buka aplikasi tersebut dengan memilih guest login lalu confirm guest

11. Komponen yang dibutuhkan dalam pembuatan jaringan sederhana yaitu server, 3 computer, dan switch. Dibagian kiri paling bawah terdapat beberapa komponen yang dibutuhkan. 



12.  Setelah itu hubungkan semua perangkat tersebut dengan kabel tipe Straight, agar semua perangkat saling terhubung satu sama lain. Pada saat dihubungkan pilih port jenis Fast Ethernet
 13.      Kemudian Setting IP Address Server terlebih dahulu.
2.   \

14. Pilih Menu Services, lalu DHCP. Isi Pool Name, Start IP Address dan Subnet Mask pada gambar berikut. Setelah itu pilih Add dan Save

15. Lalu kembali lagi pilih Menu Config, pilih FastEthernet0 dan isi IP Address dan Subnet Mask di IP Configuration pada bagian Static seperti gambar berikut.

16. Setelah semua perangkat disetting saatnya untuk memeriksa kembali apakah semua perangkat dapat saling terkoneksi, dengan cara memilih icon Menu yang berada di sebelah kanan yaitu Add Simple PDU. Lakukan juga pada  salah satu PC yang lain.

17. Setelah semua perangkat disetting saatnya untuk memeriksa kembali apakah semua perangkat dapat saling terkoneksi, dengan cara memilih icon Menu yang berada di sebelah kanan yaitu Add Simple PDU. Lakukan juga pada  salah satu PC yang lain.
18.  Kemudian Pada Icon Simulation pilih Auto Capture Play, akan tampil proses berjalan koneksi atau pengiriman data dari perangkat yang satu ke yg lain. Lalu pada bagian kanan paling bawah klik tanda panah ke kiri akan tampil tulisan Successful yang artinya simulasi jaringan sederhana tersebut sudah berhasil.




KESIMPULAN

        Dengan mempelajari Cisco Packet Tracer Kita dapat mengetahui  simulasi jaringan.  Packet tracer berfungsi untuk melakukan simulasi jaringan. Dengan simulasi tersebut kita dapat seolah - olah merangkai jaringan tanpa menggunakan perangkat asli. Hal ini sangat berguna bagi kita karena dapat mengurangi penggunaan biaya yang dibutuhkan, serta menghemat waktu karena tidak adanya trial dan error saat melakukan simulasi jaringan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar